5 jenis usaha bermodal minim

jenis usaha

Mayoritas wirausahawan sukses mengungkapkan kunci sukses untuk menjadi seorang pengusaha adalah kemauan dan tidak kenal menyerah. Namun faktanya kata-kata tersebut masih kurang bila tanpa adanya ide cemerlang dan ketersediaan biaya yang mencukupi.

Mendirikan sebuah usaha pada dasarnya memang harus punya modal yang cukup. Dan sayangnya tidak semua calon wirausahawan mempunyai dana yang memadai ketika ingin membangun sebuah usaha, meskipun itu hanya usaha skala kecil.

Lalu apa yang bisa dilakukan dengan modal tipis namun ada tempat untuk membuka usaha? Mungkin 5 jenis usaha ini yang cocok :

Bisnis Kuliner Rumahan Yang Menjanjikan

Bisnis kuliner merupakan usaha bisnis yang bergelut di bidang makanan dan minuman adalah jenis usaha yang paling banyak diminati dengan modal awal yang tidak terlalu besar. Dalam berbisnis kuliner yang dibutuhkan adalah keahlian untuk memasak dan membuat suatu inovasi makanan/minuman yang baru.

Modalnya juga tidak terlalu besar hanya dengan modal minimal Rp 5 juta kita bisa membeli bahan baku dan mengolahnya menjadi makanan yang bernilai dan menguntungkan. Terdapat pilihan yang banyak sekali untuk usaha kuliner, tergantung menu yang disajikan, misalnya usaha keripik, ayam kentaki atau sejenis gorengan bisa juga makanan ringan.

Juga jangan ragu untuk membuat minuman selingan yang bernilai tambah. Seperti sirup plus sari kelapa (nata de coco). Harga untuk ukuran sedang hanya Rp 7.000/pcs sedangkan sirup buah per botol harganya hanya Rp 15.000/pcs. Kita cukup menjual satu porsi minuman tersebut dengan harga Rp 7.000 maka keuntungan yang didapatkan akan cukup besar.

Sementara itu, jangan lupa untuk selalu kreatif dalam menghias toko yang dipunya dengan hiasan sederhana yang inovatif atau bisa juga mengambil tema angkringan. Cara ini dilakukan untuk menarik pembeli.

Bisnis Laundry Kiloan Yang Menguntungkan

Awal memulai usaha jasa cuci (Bisnis Laundry) ini yang diperlukan minimal adalah sebuah mesin cuci, detergen, pewangi, dan setrika. Kita bisa menggunakan sebagian rumah untuk menjalankan usaha laundry ini. Bila punya uang Rp 5 juta, bisa ditambahkan dengan membeli 2 mesin cuci dengan kapasitas 9,5 kg dengan harga Rp 1,8 juta/unitnya. Sisanya bisa dibelikan setrika, pewangi dan deterjen.

Tarif rata-rata bisnis laundry untuk di Jakarta adalah Rp 7.000-10.000/kg. Nah dengan usaha bisnis semacam ini, dijamin kita bisa mendapatkan keuntungan. Yang paling perlu diperhatikan dari bisnis ini tentu adalah kesehatan.

Bisnis Pakaian

Untuk bisnis pakaian yang satu ini juga bisa dijalankan dengan modal minimal Rp 5 juta. Tinggal membeli pakaian yang sudah jadi pada pusat produksi, kemudian dijual kembali lewat gerai yang dimiliki.

Jenis Bisnis fashion yang sedang trend saat ini adalah jaket klub sepakbola. Nah untuk mendapatkan jaket klub sepakbola kualitas 1 (di bawah Ori) kita bisa membeli lusinan. Anda bisa berburu dan memesan jaket tersebut di sebuah agen jaket di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dengan harga Rp 125.000/helai. Saat dijual nanti, tidak salahnya menjual satu jaket dengan harga Rp 150.000-200.000/helai. Bagaimana, ini jenis usaha yang menguntungkan, bukan!.

Jangan lupa untuk menghias toko untuk yang punya dengan gambar-gambar klub sepakbola dan tokoh sepakbola seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi atau ikon sepakbola nasional seperti Bambang Pamungkas dan Evan Dimas.

Bisnis Jual Pulsa

Bisnis Jual pulsa adalah bisnis yang tidak memerlukan modal yang cukup besar. Yang dibutuhkan hanya handphone, deposit pulsa dan mungkin juga kios kecil atau tanpa kios juga bisa. Misalnya dengan asumsi modal Rp 5 juta, Anda bisa membagi modal tersebut menjadi dua yaitu Rp 2,5 juta untuk mendeposit pulsa sisanya Rp 2,5 juta bisa digunakan untuk membeli asesoris HP dan nomor cantik yang sering diburu para pembeli. Jangan ragu untuk menghias toko anda dengan ide kreatif, tidak harus mahal agar menarik pembeli.

Bisnis Jasa Pengetikan

Awal dari bisnis ini juga cukup sederhana. Dengan modal Rp 5 juta, bisa dibuka dengan membeli komputer bekas. Harga satu set komputer bekas saat ini hanya Rp 750.000 (untuk Pentium III) dan itu bisa dibeli di Pusat Toko Elektronik Harco Mangga Dua. cukup dengan membeli 4 set komputer.

Sisa dari uang yang masih ada bisa dibuat untuk membeli mesin printer. Satu set printer plus scanner baru hanya Rp 800.000/unit. Juga bisa ditambahkan untuk membeli satu printer standar denggan harga Rp 500.000/unit.

Baca juga artikel lainnya :

Cara mendapatkan Uang dari Bisnis Affiliasi Indonesia CLOAP
Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Lewat Klik Iklan
Ajak teman untuk dapatkan hadiah hanya di situs Fun Japan
TunaiKu Solusi Pinjaman Uang Tercepat Dan Mudah
9 Cara Berbisnis Wirausaha Sukses

23 pemikiran pada “5 jenis usaha bermodal minim

Tinggalkan komentar