Menigkatkan Penjualan dengan Sedikit Bicara

tips usaha, ide bisnis, wirausaha,Di saat bertemu dengan calon pelanggan, biasanya kita akan banyak bercerita untuk menggambarkan mengenai produk atau jasa kita. Namun ternyata, ada hasil dari penelitian yang mengejutkan tentang hal ini. Menurut Marc Wayshak, penulis buku “Game Plan Selling”, Mengungkapkan bahwa faktanya, hal inilah yang membuat Anda gagal menutup penjualan.

Dan itu terjadi dari sekitar 81% penjual yang selalu berbicara banyak mengenai produk mereka ke calon pelanggan. Data lain menunjukkan bahwa penjualan dapat dilakukan dengan berbicara lebih sedikit. Untuk itu mari kita cermati beberapa tips untuk meningkatkan penjualan dengan cara berbicara lebih sedikit berikut ini.
Menjadi yang Ter-Unik Dengan Kompetitor lain

Saat calon pelanggan menganggap Anda sama saja dengan produk kompetitor, Anda berada dalam masalah besar. Anda akan kesulitan untuk membedakan diri dengan pesaing. Tips cara menjual sederhana adalah memahami mengenai tentang kebutuhan para calon pelanggan anda. Contohnya ketika Anda ditanya oleh calon pelanggan tentang mengapa mereka harus memakai produk/jasa Anda, cobalah jawab, “Saya belum yakin. Namun saya akan bertanya beberapa hal untuk lebih dapat memahami kondisi Anda”.

Cara ini dapat menunjukkan bahwa Anda sangat berbeda dengan para pesaing/kompetitor lainnya, tidak hanya bertujuan untuk menjual produk/jasa Anda, namun sekaligus juga menyelesaikan masalah pelanggan.

Memahami Tantangan dan Tujuan dari Calon Pelanggan

Kebanyakan dari para penjual selalu menghabiskan waktu untuk meyakinkan calon pelanggan lebih banyak daripada waktu untuk memahami apa masalah dan tujuan akhir calon pelanggan. Jangan sungkan untuk menanyakan beberapa pertanyaan agar dapat memahami masalah apa yang sedang dihadapi calon pelanggan dan apa keinginan/penyelesaian akhir mereka. Saat itu Anda akan tahu bagaimana cara produk Anda bisa menjadi sebuah solusi untuk memecahkan masalah dan membantu calon pelanggan mencapai tujuan mereka.
Penawaran yang Sesuai dengan Budget Calon Pelanggan

Jangan malu dalam bertanya tentang kisaran dana pada calon pelanggan anda. Banyak sekali penjual yang selalu gagal karena mereka belum atau tidak pernah bertanya tentang dana pelanggan dan langsung saja membuat penawaran. Jika perlu, sesuaikan tawaran dengan dana calon pelanggan.

Mengambil Keputusan yang Bijak

Jangan terlalu lama dalam meyakinkan calon pelanggan. Dan jangan segan untuk bertanya kepada calon pelanggan mengenai siapa saja yang ikut mengambil keputusan untuk calon pelanggan Anda. Fokuskan untuk meyakinkan orang-orang yang berpengaruh dalam mengambil keputusan tersebut. Penjual pemula biasanya hanya berfokus untuk meyakinkan orang yang justru tidak terlibat dalam proses keputusan pembelian, sehingga menyebabkan mereka selalu kehilangan penjualan.

Efektivitas Waktu

Gunakan 80% dari waktu Anda untuk mencermati langkah-langkah sebelumnya, dan sisakan hanya 20% untuk menjual. Jadikanlah presentasi Anda sesingkat mungkin, namun tetap fokus dalam menjelaskan kepada calon pelanggan bagaimana produk anda bisa menjadi solusi dan membantu untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan.

Sumber: studentpreneur.co

Iklan

8 thoughts on “Menigkatkan Penjualan dengan Sedikit Bicara

  1. […] Bisnis pulsa adalah bisnis yang tidak memerlukan modal yang cukup besar. Yang dibutuhkan hanya handphone, deposit pulsa dan mungkin juga kios kecil atau tanpa kios juga bisa. Misalnya dengan asumsi modal Rp 5 juta, Anda bisa membagi modal tersebut menjadi dua yaitu Rp 2,5 juta untuk mendeposit pulsa sisanya Rp 2,5 juta bisa digunakan untuk membeli asesoris HP dan nomor cantik yang sering diburu para pembeli. Jangan ragu untuk menghias toko anda dengan ide kreatif, tidak harus mahal agar menarik pembeli. […]

  2. […] Cara mendapatkan Uang dari Bisnis Affiliasi Indonesia CLOAP Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Lewat Klik Iklan Ajak teman untuk dapatkan hadiah hanya di situs Fun Japan TunaiKu Solusi Pinjaman Uang Tercepat Dan Mudah 5 jenis usaha bermodal minim 9 Bisnis Internet yang punya Prospek Cerah 15 Cara untuk Berbisnis Online 5 Produk Bisnis Online yang paling banyak di gemari Tips Membuka Bisnis Kecil dengan Cepat Menigkatkan Penjualan dengan Sedikit Bicara […]

  3. […] Tips dalam Memulai Bisnis Online Cara berBisnis Online Untuk Pemula Cara mendapatkan Uang dari Bisnis Affiliasi Indonesia CLOAP Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Lewat Klik Iklan Ajak teman untuk dapatkan hadiah hanya di situs Fun Japan TunaiKu Solusi Pinjaman Uang Tercepat Dan Mudah 5 jenis usaha bermodal minim 9 Bisnis Internet yang punya Prospek Cerah 15 Cara untuk Berbisnis Online 5 Produk Bisnis Online yang paling banyak di gemari Tips Membuka Bisnis Kecil dengan Cepat Menigkatkan Penjualan dengan Sedikit Bicara […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s