Peluang Usaha yang Mudah dan Laris di tengah Pandemi Corona

 

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, pemerintah mengimbau keapada masyarakat untuk membatasi segala aktivitas di luar rumah. Aturan PSBB pun (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Mulai dari pusat perbelanjaan, restoran hingga toko terpaksa tutup selama pandemi corona. Akibatnya krisis di berbagai sektor bisnis dan ekonomi akibat wabah virus COVID-19 berdampak cukup besar bagi kalangan masyarakat.

Berbagai inovasi Di tengah krisis Covid-19 ini terus dilakukan sehingga bisnis yang dijalankan bisa tetap bertahan dan survive atau Setidaknya bisa menjadi kesempatan terbaik untuk menyalip para kommpetitor.

Namun masih ada sebagian kecil peluang bagi entrepreneur yang justru dapat dikembangkan di balik keganasan pandemi ini. Berikut 10 ide inovasi peluang usaha paling sederhana yang dapat diikuti oleh para pelaku usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan perekonomian yang lesu akibat wabah virus covid-19:

1. Menjadi Content Writer atau Penulis

Bagi yang memiliki kebiasaan atau bakat menulis, kamu bisa mencoba untuk mendapatkan pundi-pundi uang dengan menjadi penulis lepas. Ada sejumlah situs yang menyediakan lowongan untuk para penulis, biasanya para penulis dituntut membuat artikel-artikel yang berkualitas sesuai dengan tema yang disepakati.

Untuk pendaftarannya silahkan kunjungi situs pekerja lepas seperti Sribulancer, Projects.co.id, dan masih banyak lainnya. Lowongan untuk penulis lepas hampir selalu ada setiap harinya di situs tersebut.

 

2. Jasa desain grafis

Selain menulis, kamu juga dapat mengandalkan bakatmu dalam bidang desain grafis. Jasamu seperti membuat karikatur, logo, template dan lainnya bisa dijual melalui media sosial. Selain itu pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis bisa kamu dapatkan di situs-situs seperti Sribulancer dan Projects.co.id.

 

3. Sell Photo

Jika kamu hobi memotret banyak hal maka bakatmu bisa menjadi Peluang bisnis. Apalagi bisnis yang satu ini tergolong yang paling mudah dilakukan.  Coba kirimkan sample fotomu ke situs-situs seperti Shutterstock atau Getty Images. Sebelum mengunggahnya ke situs tersebut, pastikan untuk mendaftarkan akun terlebih dahulu. Biasanya para buyer akan membeli stok foto melalui situs. Baru kemudian, situs tersebut akan membayarmu.

 

4. Unggah video tutorial di YouTube

Selama pandemi corona terjadi seperti saat ini, Peminat Peluang Bisnis yang satu ini cukup banyak. Selain bisa  mengusir rasa bosan selama berada di rumah, peluang bisnis ini juga dapat menghasilkan pundi-pundi uang lho.

Video tutorial apapun yang kamu kuasai bisa kamu unggah. Pastikan saja kontenmu yang dibuat original dan menarik. Setelah itu, jangan lupa untuk memonetisasi channel YouTube-mu agar selalu ramai pengunjung!

 

5. Menjual masker

Di tengah terjadinya wabah banyak orang pun berbondong-bondong membeli masker, mulai dari masker N95 hingga masker kain. Jadi bukan hal yang mengherankan jika masker jadi salah satu barang kebutuhan pokok selama pandemi corona.  Hal ini bisa jadi merupakan peluang bisnis yang layak dicoba lho.

Ditambah lagi jika kamu punya keahlian menjahit, dengan motif-motif yang menarik kamu bisa membuat masker kain yang bagus. Setelah itu, kamu bisa menjualnya secara online melalui media sosial.

 

6. Menjual cemilan

Untuk sektor Kuliner kamu bisa mencoba peluang bisnis makanan. Melalui media sosial kamu dapat menjual berbagai jenis cemilan dan memasarkannya. Kamu tak perlu kamu memikirkan Stock barang dengan menjadi reseller dari produsen cemilan. Pastikan juga cemilan yang kamu jual telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan ya.

 

7. Buat podcast

Untuk yang punya bakat dan wawasan dalam berbicara, podcast dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang bagus. ada baiknya sebelum membuat podcast, kamu tentukan konsep yang ingin kamu usung. Setelah itu, baru menentukan topik yang ingin kamu bahas di podcast-mu.

Gunakan aplikasi Anchor untuk merekam dan mengunggah hasil podcast-mu. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memonetisasi channel podcast-mu lho.

 

8. Menjual pulsa

Di era digital saat ini kebutuhan pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok. Hal ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha   untuk menambah pundi-pundi uang. Untuk menjadi agen pulsa, kamu bisa mengandalkan e-commerce. Biasanya e-commerce menjual pulsa dengan harga yang relatif sama. Dengan meningkatkan harganya kamu bisa mengambil keuntungan .

 

9. Frozen Food

Peluang usaha produk frozen food semakin diminati bagi mereka yang tak bisa berpergian ke luar rumah. Apalagi untuk emak-emak milenial yang tidak piawai dalam memasak, sehingga mereka ingin memasak yang mudah-mudah (simple cooking).

Kesempatan seperti ini dimanfaatkan oleh Es teler 77 dan Hokben untuk mengeluarkan varian produk frozen dan “ready to eat” untuk mengantisipasi pelanggan dine-in yang terus merosot.

 

10. Asuransi Kesehatan

Meskipun daya beli masyarakat cenderung menurun, namun saat ini asuransi kesehatan merupakan salah satu produk yang banyak diminati oleh konsumen. Untuk melindungi konsumen dari wabah Covid-19, AstraLife mengeluarkan produk asuransi yang memproteksi nasabahnya dari penyakit ancaman Covid-19.

Dilengkapi dengan fitur online yang memudahkan nasabah membeli asuransi tanpa harus ke luar rumah, survival innovation ini bisa menjadi alternatif penyelamat perusahaan asuransi.

Sumber:

newsmaker.tribunnews.com/2020/05/02/lihat-8-peluang-bisnis-cerah-di-saat-wabah-corona-ini-banyak-yang-butuh-rezeki-lancar-saat-susah.

https://entrepreneur.bisnis.com/read/20200507/263/1237680/bisa-dicoba-10-bisnis-ini-laris-manis-saat-pandemi-virus-corona

Tinggalkan komentar