Panduan Dan Tips Berbisnis Oleh Oleh

bisnis oleh oleh
Trik untuk merintis bisnis atau usaha oleh-oleh sebenarnya tak berbeda dengan mengawali bisnis kuliner pada umumnya. Pelaku usaha yang ingin terjun ke bisnis ini juga harus melakukan riset, khususnya yang terkait dengan potensi daerah.

Selain dari menggali warisan kuliner daerah, pelaku usaha juga bisa memanfaatkan bahan baku yang telah banyak tersedia. Cara inilah yang biasa ditempuh oleh Solihin. Sarjana pertanian yang lulus dari salah satu universitas di Lampung ini menyadari bahwa pisang adalah sumber daya potensial yang bisa dimanfaatkan.

Tinggal di daerah dengan hasil pisang yang melimpah menjadikan sebuah keuntungan tersendiri. Karena mudah didapatkan, harga bahan baku pisang pun amat murah, katanya. Untuk selanjutnya, Solihin mencari petani untuk diajak bekerja sama. Setelah mendapatkan pasokan bahan baku, dia pun mulai bereskperimen untuk mendapatkan produk keripik yang inovatif.

Solihin juga menambahkan berbagai varian rasa unik di keripik Mr. Banana. Tujuannya tentu saja agar dapat bersaing dengan kompetitor dan merebut perhatian konsumen. Varian rasa yang ditawarkan a.l. asli (original), coklat, susu, mocca, manis asin, stroberi, pedas manis, hingga rasa rendang.

berbisnis oleh olehSelain menciptakan rasa-rasa baru, tantangan lain yang meski dihadapi oleh Solihin adalah mempertahankan kualitas produk. Konsistensi rasa juga amat penting. Hal inilah yang tidak dimiliki oleh mayoritas produsen keripik pisang di Lampung. Sampai saat ini saya turun langsung untuk mengontrol produksi keripik Mr. Banana, ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Julian. Alasan pria yang berbisnis restoran dan salon khusus muslimah ini lebih memilih labu kuning adalah karena buah tersebut mudah didapatkan di sekitar daerah Bogor. Selain mudah ditemukan, labu kuning juga bukan merupakan buah musiman. Jadi, apabila menggunakan buah ini saya tidak takut akan kehabisan stok.

Namun demikian, resep kue labu kuning Miss Pumpkin tak dia dapatkan dalam sekejap. Julian mengaku membutuhkan waktu sekitar delapan bulan untuk mengutak-atik buah tersebut di dapur. Bahkan, Julian sempat meminta bantuan ahli masak profesional di dua bulan terakhirnya. Saya memakai buah labu segar. Kadar air yang ada di dalam labu tersebut ternyata bisa mempengaruhi kualitas kue. Makanya, saya harus melakukan eksperimen selama berbulan-bulan, ucapnya.

Eksperimen Julian tak berhenti sampai disitu. Agar mendapat cita rasa yang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia, dia menawarkan bebera varian rasa a.l. bolu rasa original, teh hijau (green tea), coklat, dan jeruk. Agar makin lezat, dia pun menambah parutan keju di atas bolu Miss Pumpkin.

Selain inovasi produk dan rasa, hal penting lain yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha oleh-oleh khas adalah kemasannya. Buah tangan biasanya dibeli oleh wisatawan untuk mereka berikan kepada sanak-saudara ataupun rekan kerja. Oleh karena itu, produk kuliner khas akan memiliki nilai tambah jika dikemas secara kreatif ,aman dan higienis.

Banyak produsen keripik yang menjual secara kiloan. Jadi kemasannya hanya plastik transparan. Gebrakan yang saya lakukan adalah mengemas keripik pisang dengan aluminium lengkap dengan merek dan logo. Stigma keripik pisang yang tradisional berubah jadi produk modern, kata Solihin.

Senada dengan Solihin, Julian pun memikirkan kemasan dan branding untuk produk kue labu kuning buatannya. Tak tanggung-tanggung, Julian sengaja menyewa jasa konsultan demi menghasilkan merek oleh-oleh yang tak ketinggalan jaman. Alhasil, Miss Pumpkin hadir dengan logo labu yang dikombinasikan dengan warna ungu nan memikat. Dia menggunakan boks karton sehingga konsumen bisa menenteng bolu labu kuning dengan leluasa.

Baca juga artikel lainnya :

Cara mendapatkan Uang dari Bisnis Affiliasi Indonesia CLOAP
Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Lewat Klik Iklan
Ajak teman untuk dapatkan hadiah hanya di situs Fun Japan
TunaiKu Solusi Pinjaman Uang Tercepat Dan Mudah
5 jenis usaha bermodal minim
Bisnis Ini BerOmzet Hingga Ratusan Juta
Dulu Karyawan, Kini Sukses Berbisnis Bunga
Angkringan Bisnis yang Juga Mendatangkan Uang
 

4 pemikiran pada “Panduan Dan Tips Berbisnis Oleh Oleh

  1. […] Cara mendapatkan Uang dari Bisnis Affiliasi Indonesia CLOAP Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Lewat Klik Iklan Ajak teman untuk dapatkan hadiah hanya di situs Fun Japan TunaiKu Solusi Pinjaman Uang Tercepat Dan Mudah 5 jenis usaha bermodal minim Bisnis Ini BerOmzet Hingga Ratusan Juta Dulu Karyawan, Kini Sukses Berbisnis Bunga Angkringan Bisnis yang Juga Mendatangkan Uang Panduan Dan Tips Berbisnis Oleh Oleh […]

Tinggalkan komentar