Bisnis Ini BerOmzet Hingga Ratusan Juta

bisnis kue buah, peluang usaha kue buah
Buah tidak hanya dapat diolah menjadi minuman yang segar ataupun keripik buah, namun juga bisa dijadikan bahan baku untuk aneka camilan kue yang lezat. Margin Keuntungan dari bisnis makanan ini juga tidak kalah dari bisnis kuliner lainnya. Pengusaha kue berbahan baku buah juga bisa mengantongi omzet hingga Rp 100 juta per bulan bermargin keuntungan sekitar 30%

Hal ini bisa dilihat dari usaha Maria Wardhani, pemilik dari Rumah Pisang di Bekasi, Jawa Barat. Ia mengolah buah pisang menjadi cake dan aneka kue kering. Untuk langkah awalnya, Anda mesti membuat adonan dari bahan terigu. Kemudian, masukan pisang ambon atau jenis sunpride yang sudah dihancurkan. Setelah tercampur, adonan dituangkan ke dalam cetakan dan siap dioven. “Jumlah pisang harus lebih dominan dari terigu supaya rasa pisangnya terasa,” pesannya.

bisnis kue buah, peluang usaha kue buahMaria memilih pisang sebagai bahan utama kue karena buah ini sangat populer dan telah lama menjadi favorit keluarga karena rasanya enak serta bergizi. “Pelanggan saya datang dari Jakarta dan Bandung,” ujarnya.

Dia membanderol banana cake seharga Rp 50.000 per loyang. Adapun kue kering berbahan oatmeal Rp 35.000 per stoples. “Saya menyasar pelanggan kelas menengah atas,” ungkapnya. Dalam sebulan, Maria mengatakan, dirinya bisa menghasilkan omzet hingga Rp 30 juta. “Laba bersih yang bisa dikantongi mencapai 20%,” tuturnya seperti dilansir Kontan.co.id.

Namun, pasar cake dan kue kering pisangnya kurang berkembang lantaran tidak semua orang tahu pisang bisa menjadi bahan baku kue. Untuk mengatasi itu, Maria saat ini sedang giat menyebarkan pengetahuan tersebut lewat media online.

Pembuat cake buah-buahan lain, Decky Suryata, pemilik Salakka Pondoh di Sleman, Yogyakarta, juga merasakan manisnya bisnis kue berbahan baku buah. Dia kini mengolah salak menjadi roti atau kue kering.

Saat ini, ia telah menjual cake salak pondoh seharga Rp 30.000 per boks dengan rasa keju, original, cokelat, dan pandan. Sedangkan untuk bakpia salak pondoh, harganya Rp 25.000 per boks. “Omzet usaha kue buah saya Rp 100 juta per bulan dengan laba berkisar 30%,” jelasnya.

Dia bilang, 60% pelanggannya adalah wisatawan dan 40% sisanya penduduk lokal. Untuk segi pemasaran, Decky yang merupakan finalis dari Wirausaha Muda Mandiri 2012 membuka dua toko di daerah Sleman. “Ke depannya, saya ingin fokus untuk kembangkan produk,” ujarnya

Iklan

10 thoughts on “Bisnis Ini BerOmzet Hingga Ratusan Juta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s