Bisnis Keripik Enthik Qonita

ide bisnis, tips sukses berbisnis, ukm, bisnis indonesia, artikel bisnis onlineBoyolali, Mungkin untuk sebagian besar orang, keberadaan keripik sudah tidak asing lagi. Terdapat banyak sekali varian keripik yang tersedia di pasaran, seperti keripik singkong, keripik pisang, keripik bayam, dan lain-lain.

Selaku pencetus ide Keripik Enthik Qonita ini , Harsono mengaku menciptakan keripik talas kimpul untuk membuat suatu usaha yang belum pernah ada sebelumnya dan juga untuk membantu perekonomian warga di Dusun Driyan itu sendiri. Selain dari itu, pemilihan bahan keripik dari talas kimpul dikarenakan talas tersebut banyak tumbuh di tanah yang tidak begitu keras seperti di daerah Boyolali.

Sebelum dipanen, dilakukan pemotongan terhadap batang kimpul terlebih dahulu agar memudahkan untuk diambil. Untuk Harga kimpul dalam pasaran biasanya sekitar antara Rp 2500 sampai Rp 3000 per kilonya. Kimpul yang sudah dipanen kemudian dikupas dengan menggunakan pisau kerok. Lalu kimpul tersebut dicuci hingga bersih, agar getah yang menempel bisa hilang.

Setelah itu baru kimpul dipotong di atas wajan yang telah berisi minyak yang sudah dipanaskan dengan menggunakan alat pemotong yang telah dimodifikasi sendiri oleh pemiliknya. Setelah 10 menit, kimpul diangkat dan ditiriskan kemudian dibungkus.

“Keripik Enthik Qonita ini sehat karena terbuat dari bahan alami dan tidak menggunakan bahan pengawet dan bahan kimia lainnya,” kata Harsono.

Keripik ini dijualnya hanya dengan harga Rp 40 ribu per kilonya. Usaha keripik ini memang masih dalam skala kecil. Namun karena kejelian si pembuat, keripik ini kini menjadi tumpuan perekonomian keluarganya.

Iklan

5 thoughts on “Bisnis Keripik Enthik Qonita

  1. […] Tinggal di daerah dengan hasil pisang yang melimpah menjadikan sebuah keuntungan tersendiri. Karena mudah didapatkan, harga bahan baku pisang pun amat murah, katanya. Untuk selanjutnya, Solihin mencari petani untuk diajak bekerja sama. Setelah mendapatkan pasokan bahan baku, dia pun mulai bereskperimen untuk mendapatkan produk keripik yang inovatif. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s