Tips memilih bisnis waralaba

waralaba, bisnis, ide bisnis, bisnis waralaba

Untuk mengawali sebuah usaha, terutama untuk yang memakai sistem waralaba, dibutuhkan analisis agar bisnis yang digeluti tidak hanya berjalan seumur jagung.

Ada beberapa hal yang perlu dicermati bagi yang ingin menggeluti bisnis waralaba, terutama bagaimana cara memilih waralaba yang baik dan mampu memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang lama.

Menurut Andrew Nugroho Direktur Pemasaran Es Teller 77 , hal yang patut diperhatikan sebelum memilih usaha waralaba:

1. Harus mempelajari kriteria produk yang akan dijual dari waralaba tersebut.

“Misalnya bisnis waralaba donat, kita lakukan survei dulu apakah peminat atau konsumen donat sekarang itu masih banyak atau tidak, kita harus bisa menilai,” ujar dia saat berbincang.

2. Melihat kemampuan franchisor (pemilik hak waralaba) untuk menjalankan outlet dalam jumlah banyak.

Kemampuan yang dimaksud itu seperti, apakah franchisor punya tim manajemen yang kuat semisal tim akuntansi, tim marketing, tim SDM. “Mereka harus dapat memperlihatkan manajemen yang bagus,” tegas dia.

3. Kemampuan franchisor dalam mengadakan dan menyuplai kelengkapan serta bahan-bahan agar bisnis waralaba tersebut dapat terus berjalan lancar setiap hari.

Yang tidak kalah penting, lanjut Andrew, franchisor dengan produk waralaba yang dijualnya paling tidak punya pengalaman 5 tahun karena dengan jangka waktu itu waralaba sudah mampu melewati siklus bisnis.

“Karena kan saat menjalankan franchisor ada masa yang ramai dan sepi, kalau dia langsung tutup saat masa-masa sepi berarti gagal. Tapi kalau masa sepi sekali masih bisa bertahan, kemudian bisa bangkit, itu berarti sudah kuat,” tandas dia.

Iklan

8 thoughts on “Tips memilih bisnis waralaba

  1. Ok, mungkin bisa dobica di perusahaan broker yang legal ya, salah satunya seperti di Gainscope.com tersebut yang populerdan jangan pernah mempercayakan dana anda untuk ditradingkan orang lain ya (terutama yang tidak ada kenal baik track recordnya), karena very very danger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s