10 Keahlian yang bisa mendongkrak karir kerja

ide usaha, ide bisnis, jenjang karir

Di dalam dunia kerja tidak hanya diperlukan pengalaman dan keterampilan teknis saja. Kemampuan untuk bersosialisasi dengan rekan kerja juga sangat diperlukan dalam mengembangkan karir di dalam dunia kerja.

Sementara itu, Teri Hockett , Chief Executive of Whats For Work menuturkan, keterampilan seseorang dapat dinilai mulai dari bagaimana orang itu bersosialisasi satu sama lain, yang bisa dilihat dari perspektif verbal dan non verbal.

Seperti dikutip dari Forbes, dengan memiliki keterampilan yang baik dapat memaksimalkan hubungan antar sesama di dunia kerja dan meningkatkan produktifitas untuk kepentingan semua orang secara efektif.

Berikut ini 10 kriteria kemampuan yang sangat diperlukan di dalam dunia kerja:
1. Kemampuan berinteraksi dengan orang lain

Hockett menuturkan, kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain dan sudut pandang mereka sangat penting dalam berbisnis. Dengan memiliki kepribadian dan pengalaman yang baik maka dapat mudah berhubungan dengan semua orang.

2. Kemampuan untuk berkomunikasi

Ini adalah merupakan salah satu keterampilan orang yang paling mendasar, karena hal ini berkaitan dengan kemampuan Anda untuk berhubungan dengan rekan kerja yang lain.

3. Kemampuan untuk bersabar

Jika Anda bisa saja sabar dengan menghadapi orang lain, dan serta tetap memiliki sikap tenang ketika berhadapan dengan situasi yang tertekan, maka itu dapat menjadi salah satu aset penting untuk diperhatikan oleh manajemen.

4. Sanggup untuk bisa mempercayai orang lain

Anda bisa memiliki jenjang karir yang baik jika Anda dapat dipercaya. Tanpa hal itu maka Anda tidak bisa mendapatkan proyek untuk dilakukan.

5. Tahu bagaimana dan kapan waktunya untuk menunjukkan empati

“Dengan memiliki kemampuan untuk dapat menempatkan Anda di posisi orang lain, itu juga bisa menjadi salah satu kunci dalam meraih kesempatan. Hal itu dapat membuat kita menciptakan hubungan dengan orang lain, dan dapat memotivasi orang lain,” tutur Ryan Kahn, Pendiri grup The Hired.

6. Kemampuan untuk menjadi pendengar

Mendengarkan seseorang dan secara aktif mendengarkan orang lain adalah dua hal berbeda. Hockett menuturkan, kebanyakan orang hanya mendengarkan orang di saat bicara, dan mulai membentuk meresponnya dalam pikiran, bahkan lebih buruk ketika mulai berbicara sebelum orang tersebut selesai dengan apa yang dikatakan.

“Kuncinya adalah mendengarkan secara aktif, yang membutuhkan waktu lebih lama tapi dapat menghasilkan hasil yang lebih baik. Ini berarti Anda mendengarkan tanpa gangguan, dan kemudian mengambil waktu untuk berpikir, dan membentuk respon sebelum menjawab. Ini membutuhkan latihan,” tutur Hockett.

7. Selalu berminat yang tulus pada orang lain

Orang-orang tahu ketika Anda benar-benar sangat tertarik pada mereka. Jika Anda tidak menunjukkan minat, ajukan pertanyaan yang bijaksana, dan pertimbangkan jawaban mereka.

8. Fleksibel

Menjadi menyenangkan atau memiliki kepribadian yang baik bisa tergantung dari konteks situasinya. Seorang memiliki kemampuan komunikasi sangat baik dan dapat menempatkan kondisi sehingga mereka dapat merespon sesuai dengan apa situasi yang dibutuhkan.

9. Kemampuan menilai dengan baik

Penilaian baik a

dalah salah satu kunci keterampilan yang bisa langsung dipelajari, mendengark

an orang lain, mengamati dunia sekitar Anda. Hal itu dapat membuat kita bersikap bijaksana untuk bereaksi dan merespons sesuatu untuk membuat keputusan.

10. Kemampuan untuk membujuk orang lain

Ada kesempatan baik

di dalam karir Anda ketika harus menawarkan ide-ide. Anda harus mampu membentuk argumen yang kuat untuk meyakinkan.

Iklan

One thought on “10 Keahlian yang bisa mendongkrak karir kerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s