Bisnis Paper Bag Besar Labanya Kecil Modalnya

usaha pembuatan paper bag, bisnis paper bag,Bisnis Paper Bag saat ini menjadi salah satu trend di seluruh dunia dalam kampanye untuk menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Dan setelah sekian puluh tahun masyarakat dunia menggunakan tas berbahan plastik, kini banyak pihak yang berusaha untuk mendorong penggunaan tas yang bisa dengan mudah didaur ulang atau dihancurkan oleh proses pelapukan agar mengurangi dampak polusi terhadap tanah.

Konsepnya adalah bahan-bahan yang dapat “reuse, reduce, dan recycle”.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mendukung program Green World serta kian bertambahnya pebisnis ritel yang menggunakan paper bag yang berfungsi sebagai media untuk mengantongi produk yang dibeli konsumen, menjadikan usaha pembuatan tas berbahan kertas ini nampaknya cukup menjanjikan.

Baca Juga : Tips membuka bisnis kecil dengan cepat

Apa sajakah yang perlu dipersiapkan untuk dalam membangun usaha pembuatan paper bag tersebut? Mari kita simak gambaran singkatnya!

Cara membuat paper bag:

paperbag, bisnis paperbagTahapan pertama yang dilakukan adalah belajar membuat paper bag. Singkatnya, dalam membuat tas kertas ini, bahan-bahan yang diperlukan antara lain: kertas kraft 450cm, Lem kertas (power glue), 4 buah ring logam mata ayam, kertas karton dan tali koor.

Sedangkan Peralatan tambahan yang dibutuhkan terdiri dari gunting kertas dan alat pembuat lubang (punch). Mungkin juga diperlukan mesin pemotong kertas agar proses kerja lebih cepat.

1. Siapkan selembar kertas bahan paper bag yang telah dibuat/digambarkan polanya, misalnya dengan ukuran pxlxt = 16x5x12cm.
2. Potong kertas tersebut berdasarkan pola yang telah dirancang.
3. Sambungkan bagian sisi pinggir atau juga disebut juga dinding tas dengan memakai lem. Setelah terbentuk, tekuk bagian atas pada dinding tas.
4. Sambungkan juga pada bagian bawah (dasar) tas dengan menambahkan kertas karton atau kertas yang lebih tebal sebagai tatakan tas agar lebih kuat. 5. Buat lobang pada mulut tas dan pasangi dengan ring mata ayam sebagai tempat mengkaitkan tali jinjingan.
6. Pasang talinya, dan Paper bag pun telah selesai dibuat.

Ciptakan Produk Paper Bag yang Bermutu

Paper bag yang bermutu bagus adalah tas yang memiliki bentuk yang rapi dan kuat (tidak mudah sobek). Dalam proses pembuatannya yang “hand made”, hendaknya diperhatikan sekali sisi kerapiannya.

Mungkin juga bisa ditambahkan cetakan gambar atau logo usaha dari klien. Ada berbagai macam ukuran paper bag yang bisa dibuat sesuai dengan pesanan konsumen, misalnya 36 x 26 x 14 cm  30 x 10 x 20 cm 22 x 15 x 6 cm dan lainnya dengan model landscape ataupun portrait.

Baca juga : Meningkatkan Penjualan dengan Sedikit Bicara

Bagian paper bag yang sering dikomplain konsumen adalah pada mulut tas dan dasar tas. Jadi perhatikan betul kondisi kualitas pada bagian tersebut.

Lakukan Promosi Usaha

Agar sukses dalam usaha ini, maka kegiatan promosi wajib dilakukan ke banyak tempat. Selain menjual langsung ke toko-toko, juga hendaknya melakukan penawaran kepada para pebisnis di wilayah anda agar bersedia menggunakan produk kita sebagai media kantong (wadah) belanjaan para konsumen.

Selain itu penetapan harga yang kompetitif juga sangat menentukan keberhasilan anda. Sebuah produk paper bag yang berukuran sedang rata-rata menghabiskan modal 1.500 – 2.000 rupiah, sehingga biasanya dijual antara 3.000 – 4.000 rupiah/pcs.

Artikel Terkait : 9 cara berbisnis ala wirausaha sukses

2 pemikiran pada “Bisnis Paper Bag Besar Labanya Kecil Modalnya

Tinggalkan komentar