Bisnis Pempek Ekspornya Bisa Capai 3 Ton Per Hari

peluang bisnis pempekPempek, merupakan kuliner ciri khas dari Sumatera Selatan (Sumsel), terutama kota Palembang patut dijadikan pertimbangan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Alasannya, karena penggemar atau konsumen makanan berbahan sagu ini pun ternyata tidak hanya berasal dari dalam negeri, bahkan sudah terkenal hingga mancanegara.

Ini telah terbukti dengan permintaan pengiriman pempek yang per harinya bisa mencapai 3 ton untuk diekspor ke berbagai negara. Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, popularitas pempek kian mencuat setelah banyaknya kegiatan besar yang digelar di Sumsel.

“Banyak kegiatan perhelatan akbar di Sumsel, baik nasional maupun internasional yang juga berpengaruh pada peminat pempek. Sekarang, ekspor pempek ke seluruh Indonesia maupun luar negeri sudah mencapai 3 ton per hari,” ujar Alex.

Untuk di dalam negeri pengiriman juga tidak kalah banyaknya. Bahkan untuk perayaan hari besar atau kegiatan tertentu juga, permintaan pempek di dalam negeri dan luar negeri bisa mencapai 6 ton lebih per harinya.

“Banyak jenis pempek kita, termasuk pempek dos juga banyak yang berminat,” candanya.

Pertumbuhan permintaan pengiriman pempek ini jelas berdampak pada besarnya pendapatan pengusaha lokal Sumsel. “Tidak hanya pengusaha kuniler ini saja, namun nelayan ikan pun merasakan imbas peningkatan permintaan bahan baku olahan pempek ini,” tutur Alex.

Selain pempek, ciri khas Sumsel adalah tenun songket yang juga diminati oleh pecinta fashion tradisional baik di luar kota maupun luar negeri.

Sebelumnya, makanan khas Palembang ini sempat diperebutkan oleh dua provinsi, yaitu Sumsel dan Jambi. Bahkan, Gubernur Sumsel pernah menyatakan akan berperang melawan siapa saja yang berani mengklaim pempek sebagai makanan khas daerah tersebut. Namun, Alex tampak memaklumi jika pempek diklaim sebagai makanan khas Jambi. Pasalnya Jambi dulunya merupakan daerah pemekaran dari Sumsel.

5 pemikiran pada “Bisnis Pempek Ekspornya Bisa Capai 3 Ton Per Hari

  1. saya mw mencoba buka usaha peempk, kira2 gimana ya cara untuk join degn tmpt anda? trima kasih. saya tunggu balasan nya. ini no hp saya 021-41531432

  2. kalau rutin tiap hari bisa ekspor 3 ton dan bisa 6 ton saat hari raya, maka bagaimana pemeliharaan sumber dayanya, seperti ikan ? apakah pemerintah turut terlibat dalam pemeliharaannya ?

Tinggalkan komentar