Bisnis Janur Pernikahan MenJanjikan Keuntungan Yang Menggiurkan

bisnis janur,lingkungan bisnis,tujuan bisnis,proses bisnis,pengantar bisnis,resiko bisnis,fungsi bisnis,definisi bisnis,ekonomi dan bisnis,artikel bisnis,harian bisnis indonesia,strategi bisnis,rencana bisnis,blog bisnisPenggunaan pada janur tidak bisa terlepas sebagai bagian dari sebuah resepsi pernikahan. Janur ini biasa digunakan sebagai penanda bagi tamu undangan mengenai lokasi acara resepsi tersebut.

Seiring dengan tradisi penggunaan janur ini dalam acara pernikahan, bisnis penjualan janur pun kian meningkat pesat. Seperti yang diungkapkan oleh Maulana, staf marketing dari Aura Decoration, yakni sebuah penyedia jasa dekorasi pernikahan dan penjualan janur di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat.

Dia menjelaskan, pemesanan janur biasanya ramai dipesan pada bulan Syawal dan setelah Idul Adha. Pada kedua waktu tersebut penjualan janur bisa meningkat hingga 2 kali lipat. Jika dalam dalam kurun waktu satu minggu hanya 1-2 janur yang dipesan, maka di kedua waktu tersebut pemesanan bisa mencapai 4-5 janur.

“Umumnya orang banyak menikah di bulan-bulan tersebut. Kebanyakan yang menggunakan janur itu juga pernikahan di kampung-kampung. Kalau di gedung dengan tema internasional jarang pakai janur,” ujar Maulana saat berbincang.

Harga yang dibanderol untuk ukuran satu janur berkisar antara Rp 250 ribu-Rp 350 ribu, itu pun juga tergantung ukuran janur. “Kalau di perumahan kan tidak bisa yang terlalu besar, di gedung baru biasanya pakai yang besar,” lanjutnya.

Maulana mengatakan, pengerjaan janur biasanya baru dilakukan mulai Jumat sampai Minggu, sedangkan hari biasanya tidak ada proses pembuatan janur. “Kami punya pengrajin 2 orang. Pembuatannya itu biasanya mulai dari Jumat, Sabtu, Minggu, hari biasa bisa dibilang kosong karena tergantung pesanan juga,” jelas Maulana

Bahan baku yang digunakan untuk membuat janur tersebut seperti janur, bambu dan pelepah pisah. Proses pengerjaannya terbilang cukup singkat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam.

“Proses pembuatan cepat kok. Bahan baku biasanya kami pasok dari daerah Rangkas Bitung, di sana ada pemasoknya,” kata Maulana.

Diakuinya, dalam bisnis ini hampir tidak pernah ditemui kendala yang besar. Hanya soal pengiriman janur tersebut yang harus membutuhkan mobil terbuka karena ukurannya yang besar.

“Kendala sebenarnya tidak ada, paling soal pengiriman, karena harus pakai mobil pick-up. Tapi di tempat kami, pengiriman di wilayah Jakarta itu gratis karena harga jualnya sudah termasuk ongkos kirim,” tandasnya

Iklan

6 thoughts on “Bisnis Janur Pernikahan MenJanjikan Keuntungan Yang Menggiurkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s